Rabu, 23 Juli 2014

Love isn't eternal, but Love always with You




Akhirnya update lagi haha
Kali ini Adi Wiguna akan membahas mengenai CINTA *again

Setelah sekian lama tidak berjibaku dengan kata-kata mutiara dan cinta kini aku akan coba mulai merangkai sebuah kata-kata indah untuk mengembalikan pamor sebagai Pujangga Cinta.

Terlalu banyak di PHPin cewek emang nyesek ya, karena keseringan itu pikiran jadi kacau dan perasaan seolah-olah kayak ditikam berkali-kali. Sakit rasanya jadi orang ketiga, selalu seperti itu.....
Setiap kenalan dengan cewek dan kontak2an tau-tau udah punya  pacar dan itu terus mengalir seolah-olah tidak ada hentinya dan bahkan muaranya tidak terlihat.

Ya sudahlah mungkin inilah yang ingin  Tuhan ceritakan kepadaku cerita tentang kerja keras, cerita tentang kesakitan, cerita tentang jatuh bangun, cerita tentang rasa suka, cerita tentang kebahagiaan dan cerita tentang CINTA. Mungkin Beliau ingin aku menceritakan kisah cintaku kepada generasi penerusku, mudah-mudahan mereka tidak mengikuti perjalananku sebagai orang ketiga serba tahu -_-.
CINTA, Anda tahu apa artinya cinta. Ini nggak ada hubungannya sama Cinta Laura. Cinta adalah sebuah perasaan yang dimiliki manusia. Setiap manusia pasti merasakan cinta, cinta tidak dapat digambarkan tidak dapat diutarakan hanya dapat dirasakan. Cinta adalah kekuatan positif yang dikeluarkan oleh manusia. Rasa seperti bahagia, senang, suka dan segala perasaan yang menghasilkan energi positif adalah bentuk dari cinta. Ketika manusia menyukai, dia mencintai, ketika manusia merasakan senang, dia merasakan cinta, ketika manusia bahagia dia sedang menikmati keindahan cinta. Semua perasaan positif adalah cinta, cinta hanya sebuah ungkapan yang tidak biasa dari kekuatan positif itu. Cinta sama saja dengan suka, Cinta sama saja dengan senang, Cinta sama saja dengan bahagia hanya saja agar perasaan2 itu menjadi satu maka dibuatlah satu kata CINTA itu, kata dengan beribu arti yang mengandung makna kompleks yang positif


"Cinta adalah kekuatan terkuat manusia
Tidak ada sesuatu yang lebih indah dari manusia selain cinta"


Aku pernah membaca suatu post di social media yang mengatakan bahwa "Aku cinta dia selayaknya sebuah burung merpati yang blablablabla aku ingin memilikinya selamanya". Itu adalah sebuah ungkapan yang menyatakan suatu keegoisan, cinta tidak egois cinta tidak serendah itu. Ketika ada orang yang mengatakan itu maka itu hanyalah nafsu dan keinginan untuk memiliki. Kasarnya, dia seolah mengatakan "Aku nafsu dengan dia" jika orang seperti itu Anda jadikan pasangan, lambat laun Anda akan dicampakkan olehnya.
Cinta tidak pernah memaksa, cinta tidak memunculkan perasaan harus memiliki, cinta tidak over protektif. Cinta adalah kekuatan positif manusia, cinta membuat manusia merasa bahagia tanpa harus ada rasa cemburu maupun iri hati.Cinta lah yang menciptakan kasih sayang pada semua makhluk di bumi.

Cinta dan kasih sayang adalah dua hal berbeda yang saling berkaitan, kasih sayang muncul dari cinta. Ada 4 hal syarat utama yang harus diketahui mengenai terbentuknya kasih sayang yaitu : Kesetiaan, Kepercayaan, Rasa Sayang, Perhatian. Empat hal itu adalah hal yang paling penting, hal yang paling intim dalam terbentuknya Kasih sayang. Tanpa keempat kekuatan itu Kasih sayang tidak akan terbentuk dan cinta hanyalah omong kosong untuk menutupi nafsu.
Sama halnya dalam kalkulus, untuk menentukan suatu fungsi limit konvergen atau tidak maka ada namanya syarat kekonvergenan mutlak. Syaratnya ada 3 yang tidak akan aku jelaskan disini (males ngetik broo) ketika ada satu dari ketiga syarat itu tidak dipenuhi maka tidak akan terbentuk suatu fungsi konvergen mutlak. Yang mungkin hanya konvergen bersyarat dan divergen.








"Anggap cinta adalah konvergen mutlak, ketika keempat syarat tidak terpenuhi
maka tidak terbentuk cinta, tidak terbentuk kasih sayang. 
Yang mungkin hanyalah 'cinta bersyarat' dan 'nafsu' "



Cinta tidak abadi. Menurutku pernyataan itu memang benar, cinta tidak abadi. Di dunia ini tidak ada sesuatu yang abadi semua akan kembali kepada Tuhan. Bahkan kalkulus yang ilmu murni dan menggunakan penjelasan pasti pun terkadang bisa salah dan masih menyediakan galat atau human eror. Di dunia tidak ada yang pasti dan tidak ada yang abadi. Cinta adalah sebuah perasaan manusia, semua manusia bisa berubah setiap saat perasaanya. Ketika sekarang Anda merasa senang, besok Anda merasa galau. Sama seperti cinta, hari ini Anda mencintai selanjutnya belum tentu demikian. Everything can be change everytime, include love. Manusia itu berubah-ubah maka dari itu manusia adalah mahkluk yang paling berwarna diantara semua mahkluk ciptaan Tuhan. 
Cinta selalu datang ketika kita menyukai dan menghilang ketika kita tidak menyukai.
Dalam sebuah pasangan cinta, salah satu dari mereka mencintai sementara yang satu lagi tidak mencintai maka tidak akan ada keselarasan. Perasaan tidak sama, maka tidak akan ada akses menuju kebahagiaan menuju keindahan cinta. Sama seperti menentukan limit suatu fungsi ada atau tidak. Misalkan fungsi tersebut adalah manusia/pasangan cinta, kemudian diuji satu sama lain menggunakan angka yang berbeda, ketika hasilnya tidak sama maka hasilnya fungsi tidak memiliki limit. Artinya pasangan itu tidak memiliki kesamaan perasaan sehingga fungsi harus diubah agar bisa menciptakan cinta dan kebahagiaan.

Anda bisa mendapatkan kebahagiaan dimanapun, Anda bisa memberikan cinta pada orang manapun. Cinta adalah energi positif yang muncul ketika kita berpikiran positif dan merasakan hal yang positif.. Tidak ada kata "tidak bisa move on" "tidak bisa melupakan mantan karena masih cinta" itu semua omong kosong, bullshit. Anda bisa move on karena cinta semata sebuah kata yang mengungkapkan perasaan manusia yang bisa berubah-ubah tiap saat. Anda bisa membuat cinta. Cinta muncul ketika Anda merasa nyaman, merasa senang dan bahagia. Cinta itu Ada, tetapi sangat sulit membedakannya dengan rasa biasa. Ini definisi Cintaku, now find your own :)


Cinta Tidak Abadi, Tapi Cinta bisa dibentuk, dengan orang yang Mencintai Anda

»»  READMORE...

Kamis, 03 Juli 2014

Baktiku untuk Tuhan, Bangsa dan Almamater


Pagi ini aku bangun
Dengan malasnya beranjak dari tempat tidurku menuju galon air minum
kucuran air mengalir dengan derasnya seolah menyambut pagiku yang indah

Haha, aku baru bangun pukul 6 pagi, kemarin begadang sampe jam 1 dengan harapan ada pertandingan sepak bola world cup 2014, tapi ternyata aku salah jadwal
Ku cek Handphoneku, tidak ada tanda-tanda orang yang ngajak jalan-jalan. Hanya message LINE dari teman sunda baru yang menghiasi layar handphoneku. Semalam aku chit chat dengannya perihal putus dengan mantanku minggu lalu. Kayaknya dia menertawankanku. Ya sudahlah emang wajar ditertawakan ('lah jadi curhat ?' , suka-suka gw dong :p)
Well hari ini aku berniat pergi dengan seorang kawan lama dengan mobil kesayangan (mobil ibu sih -_-) Tapi ternyata si bro nggak bisa karena kayaknya masih molor.

Akhirnya aku memutuskan untuk pergi sendirian ke Pantai Pandawa dengan motor (kunci mobilnya entah dimana nggak ketemu). Pantai Pandawa adalah pantai yang indah, dikelilingi oleh bukit terjal yang begitu megah dan menawan, dilengkapi dengan patung Panca Pandawa yang meliputi Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sahadewa yang mana patungnya semua sama cuma namanya dibawahnya doang yang beda -_-. Really magnificent hills.
Tidak ada seseuatu hal yang lebih indah ketimbang negeri sendiri. Aku menyukai tempat ini, dulu ini adalah daerah ini adalah tempat favoritku untuk mengeksplor kemampuan bertualangku. Tapi sekarang udah males coy, udah ada jalan gede pula. Memang indah, tapi entah kenapa orang-orang disini menyukai kehidupan Bule asing yang nggak jelas asal-usulnya. Bukannya kebanyakan tapi entah kenapa  orang-orang pantai disini sudah kehilangan nasionalismenya. Mereka bicara aneh2 tentang Indonesia kepada bule-bule itu. Walaupun aku ada disampingnya mereka tetap bicara seperti itu. Hey Bung ! aku juga menguasai bahasa inggris.


Nasionalisme memang sekarang memang sudah menjadi sesuatu yang langka ditemukan, hanya beberapa yang sadar akan hakikat mereka lahir di negara mereka sendiri. Sungguh ku sesalkan banyak yang meninggalkan Indonesia hanya untuk bersenang-senang di negara lain. Pernah aku mewawancarai seseorang, "kenapa tidak menyukai Indonesia ?" dia bilang "Indonesia negara yang payah, korupsi dimana-mana, nggak ada yang mensejahterakan rakyat, nepotisme dimana-mana, UMR kecil" Well itu semua benar tapi aku tidak mau menyalahkan negaraku untuk hal-hal seperti itu. Sudah tahu masalahnya tapi  diam dan meracau tanpa melakukan apapun, selayaknya kodok dalam wajan berisi air yang nggak suka diem didalamnya tapi nggak melakukan apa2.


Terkadang aku tidak suka kata orang yang bilang bahwa "aku hidup jaman dimana orang hanya protes tanpa bisa melakukan apapun" . Dipikir-pikir itu benar juga. Nggak akan ada perubahan kalau kita diam saja tanpa melakukan apapun. UMR buruh kecil dan meminta dinaikan sebesar 3,7 juta, coy sadar dong anak ITB yang fresh graduate aja upah minimalnya segitu apa nggak timpang ?
Beras lokal semakin tenggelam dipasaran karena kualitas yang buruk, it's definitely bullshit guys ! Beras Indonesia adalah beras murni hasil panen petani Indonesia diolah secara tradisional tanpa bahan pengawet. Masyarakat Indonesia terlalu boros dan cenderung kurang cerdas dengan membeli beras impor diswalayan  yang tidak terjamin bebas dari pestisida atau murni beras hasil panen bukan beras sisa. Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa banyaknya dari sabang sampai merauke disetiap pulau yang jumlahnya 13.466 pulau dan memiliki potensi alam yang berbeda-beda seharusnya Indonesia tidak pantas dihina oleh masyarakatnya sendiri seperti itu.


"Kuserahkan jiwa dan ragaku
Untuk keutuhan NKRI
Kuserahkan Baktiku untuk Tuhan, Bangsa dan Almammater"


Bukan pemerintah yang harus berubah, tapi kita sebagai masyarakat yang harusnya berubah. Berhenti gunakan produk impor, berhenti gunakan engineer asal luar negeri, dan berhenti untuk menjelek-jelekan Indonesia. Sekarang saya tanya apa kelebihan produk impor dibanding produk Indonesia ? Lebih berkualitas ? are you kidding me ? Indonesia adalah negara pencipta bahan pokok terbaik di dunia. Produk Indonesia sudah terkenal di Jepang (jaket kulit Indonesia adalah yang terbaik disana) , di Amerika, Physics Engineer asal Indonesia lebih dihargai ketimbang engineer lokal. di Malaysia banyak dosen Indonesia yang diminta bekerja disana. Itu bukti bahwa Indonesia adalah negara yang berkualitas. Hanya saja sinergi antara masyarakat dengan pemerintahan masih lemah.

Kita sebagai generasi muda harus memikirkan strategi yang tepat guna untuk mengembalikan pamor Indonesia di mata dunia dan di mata masyarakatnya sendiri. Mulailah belajar untuk berpikir jangan hanya mampu untuk berbicara. Pikiran adalah aspek yang terpenting dari segala macam penyelesaian masalah. Jangan memikirkan apa yang bisa negara perbuat untukmu tapi pikirkanlah apa yang bisa kau perbuat untuk negaramu wahai generasi muda Indonesia ! Kalian lahir di Indonesia bukan hanya untuk numpang tinggal dan bayar pajak, bukan untuk duduk diam menonton debat di televisi, bukan untuk MENGHINA tanah airmu sendiri. Kalian lahir disini di Indonesia adalah sebagai ujung tombak dari lahirnya reformasi Indonesia. Kunci keberhasilan sebuah negara adalah generasi muda yang dilahirkan, ralat maksudku DICIPTAKAN. Ketika negara kita anggap tidak bisa mendidik dengan baik, maka belajar dari diri sendiri, belajarlah dari negara lain dan kemudian pulanglah dengan membawa ilmu untuk pembangunan Indonesia, untuk kebangkitan Indonesia, untuk reformasi Indonesia, untuk Indonesia.Kita sebagai pelajar disini bukanlah penonton, bukanlah penggosip, bukanlah perusak stabilitas Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan bukanlah boneka negara lain. Tapi kita disini sebagai pencipta, sebagai akademisi yang terpelejar, sebagai pembangun masa depan negara. Bangkitlah wahai generasi muda ! Ada banyak hal menunggumu di depan. Berbaktilah kepada Tuhan dan negaramu karena untuk itulah kau dilahirkan. Jangan lupa dengan almamamtermu juga.  Buatlah Indonesia menjadi negara yang berdiri diatas kaki sendiri !




"Sumbangsihku tak berharga, namun Keikhlasanku nyata"
»»  READMORE...

INDONESIA : NEGARA 1001 POTENSI ENERGI ALTERNATIF





“ Indonesia dulu adalah Macan Asia dengan sumber energi yang berlimpah, tapi semua berubah setelah Macan kehilangan taringnya. “
Indonesiaku sayang Indonesiaku malang, itulah kata yang paling tepat untuk menggambarkan keadaan Indonesia saat ini. Indonesia, negara yang membentang dari Sabang sampai Merauke dengan luas sebesar 5.193.250 km2 ini dikenal memiliki  kekayaan alam yang melimpah di setiap pulaunya. Semua kekayaan alam di Indonesia memiliki potensi yang besar dalam mengatasi masalah kelangkaan energi yang saat ini sedang terjadi di Indonesia. Ya, Indonesia saat ini sedang on the way to energy scarcity atau dalam perjalanan menuju kelangkaan energi. Kelangkaan energi seolah sudah menjadi aib yang harus ditutupi Indonesia.
Kelangkaan energi sebenarnya sudah muncul di berbagai negara di dunia, tapi bedanya dengan Indonesia, negara-negara tersebut mampu menutupi segala kekurangan sumber daya yang diperlukan dengan cara membuat inovasi baru dalam pengolahan barang mentah menjadi energi baru yang dapat diperbaharui maupun dengan cara ‘membujuk’ warga negaranya untuk menghemat penggunaan energi. Seperti contoh Jepang yang memperketat sistem distribusi kendaraan dan sistem untuk mendapatkan driving license untuk menekan penggunaan kendaraan sehingga dapat mengurangi emisi karbon dan konsumsi bahan bakar minyak . Jepang termasuk negara yang paling jarang menggunakan bahan bakar minyak, mayoritas fasilitas transportasi umumnya menggunakan energi listrik yang dipasok oleh Sea Wave Power Plant yang dipasang di seputaran Laut Jepang.
Berbicara soal listrik, Indonesia adalah salah satu negara yang bermasalah dengan listrik. Perilaku konsumtif masyarakat Indonesia yang sangat ‘antusias’ terhadap ketersediaan energi listrik menyebabkan konsumsi listrik di Indonesia dapat mencapai 473 kwh/ kapita di tahun 2003 dan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Tidak heran jika Perusahaan Listrik Nasional (PLN) melakukan pemadaman bergilir secara rutin untuk menghemat penggunaan energi listrik yang didistribusikan ke seluruh pulau di Indonesia yang berjumlah sebanyak 13.466 pulau. Daerah  Jawa dan Bali adalah daerah yang paling boros energi listrik sehingga distribusi listrik di daerah inilah yang paling sering bermasalah entah itu masalah teknis ataupun masalah pengadaan.
Lain halnya dengan daerah timur seperti Nusa Tenggara Timur dan Papua yang sampai saat ini masih minim penggunaan listrik karena sulitnya distribusi listrik di daerah yang sepi permukiman tersebut. Mayoritas masyarakat disana masih menggunakan api dan lampu petromax kecuali di Kupang dan Tembagapura. Itu menunjukan bahwa pembangunan dan distribusi energi listrik di negara ini masih terpusat pada satu daerah dan belum bisa menjangkau pelosok-pelosok negeri. Banyak pejabat-pejabat Indonesia yang mengatakan bahwa daerah timur Indonesia sangat sulit membangun pembangkit listrik dikarenakan kondisi daratan dan sosial masyarakat yang masih primitif. Tapi itu bukanlah jawaban, itu lebih ke alasan untuk melepas tanggung jawab sebagai seorang wakil rakyat.Jika memang tidak bisa membangun di darat kenapa tidak berusaha membangun di laut ? 
Seawave Power Plant atau Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut (PLTGL) adalah salah satu solusi alternatif untuk mengatasi kelangkaan energi listrik di daerah yang memang tidak memungkinkan untuk membangun pembangkit listrik di daratannya. Jepang adalah salah satu negara yang menggunakan pembangkit listrk jenis ini yang menghasilkan daya sebesar 40 Mwh. Jepang yang notabene gelombang lautnya tidak lebih ganas dari Indonesia saja bisa menghasilkan energi sebesar itu, berarti seharusnya Indonesia yang memiliki gelombang lebih ganas berpotensi untuk menghasilkan daya yang lebih besar dibandingkan Jepang. Dikutip dari listrikindonesia.com, pada dasarnya prinsip kerja pembangkit listrik ini adalah mengkonversi energi dari gelombang laut menjadi energi listrik dengan cara mengakumulasi energi gelombang laut untuk memutar turbin dari generator gelombang yang dipasang di dasar laut.
Selain gelombang laut, masih banyak potensi alam Indonesia yang dapat dijadikan energi terbarukan. Seperti contoh  minyak kelapa sawit yang bisa diproses menjadi bio solar yang nantinya bisa digunakan untuk bahan bakar kendaraan bermesin diesel. Indonesia adalah negara yang kaya akan kelapa sawit karena iklim tropisnya yang memang habitat asli pohon kelapa sawit. Jika kelapa sawit bisa menjadi biosolar maka lain halnya dengan kotoran sapi yang bisa diubah menjadi bioetanol yang bisa digunakan sebagai pengganti bahan bakar fosil yang sekarang sudah semakin menipis dan kian langka.Bukan hanya itu saja, kandungan hidrogen pada air yang sudah di hidrogenasi berpotensi untuk menjadi bahan bakar alternatif untuk menggantikan BBM.
Julukan-julukan yang dunia berikan untuk Indonesia harusnya bisa menjadi suatu tolak ukur cara berpikir orang Indonesia kedepannya untuk mengatasi kelangkaan energi. Apa sajakah julukan-julukan itu ? Satu, Indonesia diberi julukan Ring of Fire karena daratan Indonesia yang dipenuhi gunung-gunung berapi.Sangat prospektif jika di daerah ini dibangun pembangkit listrik tenaga panas bumi. Sayang sekali belum terpikir untuk membangun pembangkit ini ya ? Dua, Indonesia dijuluki negara maritim karena luas lautnya yang mencapai 5,8 juta km2, sangat prospektif untuk membangun pembangkit listrik tenaga gelombang laut dan panas laut serta tenaga angin yang mana kecepatan pantai Indonesia mencapai 40 knot. Tiga, Indonesia dijuluki negara agraris walaupun sekarang sektor pertanian sudah semakin tenggelam, tetapi tidak menutup kemungkinan hasil dari pertanian sepeti kelapa sawit dan jagung yang bisa “disulap” menjadi biodiesel dan bioethanol untuk menjadi potensi mengatasi kelangkaan energi.
Sesungguhnya alam Indonesia ini sudah menyediakan semua bahan untuk persiapan menuju tahun-tahun kelangkaan energi. Tetapi, tetap saja Indonesia masih ‘kukuh’ bergantung pada minyak yang diimpor dari negara-negara OPEC yang sekarang sudah mulai langka. Inilah kenapa para pemimpin Indonesia seharusnya bisa membuka mata, bangun dari tidurnya dan sadar dari lamunanya bahwa tidak perlu berpikir terlalu jauh untuk mengatasi kelangkaan energi ini, semua sudah tersedia disini, di Indonesia. Agar semua rencana itu bisa terwujud maka haruslah ada sinergi yang baik antara pemimpin dengan insinyur, dengan demikian terbentuklah suatu tim yang solid, tim yang mampu mengatasi segala kebutuhan bangsa, tim yang mampu menjawab masalah kelangkaan energi, dan tim yang mampu mengembalikan taring Macan Asia kepada Indonesia.

“Kita tidak menyadari  bahwa hal-hal sederhana disekeliling kita adalah senjata terkuat kita. Seperti Kalkulus, hal yang sederhana mampu menciptakan pemikiran yang mendalam”
»»  READMORE...

Minggu, 15 Juni 2014

Don'ts : Afraid to Fall And Doubt to Move



Ketika Semester 1, saat ujian Kalkulus, ya ujian Kalkulus. 
Momok yang sangat mengerikan bagi diriku.
Mungkin bukan aku saja yang takut akan ujian ini, 
semua mahasiswa juga merasakan hal yang sama
Aku takut, dan akhirnya berusaha untuk yang terbaik

Ternyata tidak semua keinginan kita dikehendaki oleh beliau, Tuhan Yang Maha Esa. Aku sudah bekerja keras dan ternyata hasilnya cukup 'mengerikan' mungkin orang tuaku atau teman-temanku di universitas lain menertawakanku :D itu memang pantas ditertawakan. Tapi tak satupun teman kuliahku yang menertawakan, begitu juga kakak angkatanku. Mereka hanya tersenyum dan berkata, "Sabar, jangan menyerah, kita juga dulu merasakan hal yang sama" .

Aku merasa ada sesuatu yang aneh, apa yang salah dengan soal kalkulus ini ? ini nilai yang tidak wajar diterima seseorang tapi mereka seolah mengabaikan dan santai dengan semua ini. Aku mendapat jawabannya setelah saat liburan aku menemui teman baikku yang 2 tahun lebih tua dariku.
Aku meminta bantuannya untuk menjawab sebuah soal, dia cuma tersenyum kecut. Lalu kuberikan buku itu dan dia terbelalak, tak satupun yang ia mampu kerjakan (dengan mudah), ada beberapa sih yg bisa dikerjain tapi nggak banyak juga :p padahal dia kuliah di jurusan matematika (tingkat 1 sih -_-) 


Ternyata ketika ku tersadar, buku ini, mata kuliah ini bukan bertujuan untuk mencari siapa terbaik, bukan bertujuan semata untuk mendapat nilai dengan indeks A . Bukan itu ternyata ? Lalu apa ?

Kita belajar kalkulus untuk belajar untuk jatuh, belajar untuk merangkak, dan kemudian belajar untuk berjalan tidak untuk berlari. Kalkulus mengajarkan kita untuk berjalan perlahan tapi pasti tanpa harus menciptakan suatu ambisi menuju sebuah ke-perfeksionis-an. 


"Kalkulus adalah sebuah perhitungan matematika yang dijelaskan menggunakan grafik.
Bukan, kalkulus adalah studi tentang gerakan dan perubahan"


Aku ingat itu kata-kata dari dosenku, kata- kata yang fenomenal dan dibalik kata-kata fenomenal itu aku mendapat maksud lain dari perkataan beliau tersebut bahwa sesungguhnya kita disini belajar untuk jatuh kemudian bangkit dan belajar dari jatuh tersebut agar tidak terjatuh lagi ditempat yang sama. Gerakan dan perubahan maksudnya adalah kita tidak melangkah stagnan, kita melangkah maju sebagai generasi muda yang cerdas dan berjiwa besar. Kita jatuh, untuk kemudian bangkit dan bergerak untuk mengadakan suatu perubahan, ya, mengadakan suatu perubahan, bukan untuk takluk dibawah keadaan ...... Yaa :) Kalkulus mengajarkanku semua itu.


Pernahkan Anda sadar bahwa orang yang kemampuannya Anda remehkan hanya karena prestasi akademisnya kurang bagus dibandingkan Anda, jauh lebih cerdas dibanding Anda ?


Orang yang kurang akademisnya, tentu akan sering jatuh, tentu akan sering mendapat sial dan cobaan yang sangat berat. Tapi dibalik itu semua, ada tersimpan tekad yang kuat untuk terus bangkit dan tidak pernah melangkah mundur. Orang seperti itu lebih banyak merasakan penderitaan, cobaan, rasa sakit hati dan jatuh-bangun untuk meraih apa yang ingin ia dapatkan.



"Manusia akan semakin kuat jika dia berhasil bangkit dari jatuhnya
semakin sering jatuh, semakin sering ia mendapat pengalaman
dan semakin sering ia mendapat pengalaman, ialah yang akan mempekerjakan Anda nanti"


Mungkin Anda merasa Anda bukanlah orang yang pintar, itu tidak menutup kemungkinan untuk Anda menjadi orang yang cerdas. Janganlah pernah mengeluha atas segala cobaan. Ketika Anda mendapat hasil yang buruk, Anda akan terjatuh dalam sebuah luka hati yang mendalam, pilihan Anda hanya satu, move on and keep moving, atau give up. Give up bukanlah pilihan yang bagus karena semua usaha Anda akan sia-sia dan tidak mendapat pembelajaran apapun. Tapi jika Anda keep moving, pantang menyerah, bertekad untuk berubah and never moving back, Anda akan mendapat banyak pelajaran dan pengalaman untuk nantinya Anda bisa menghandle semua masalah itu dengan mudah. Itu yang dinamakan Emotional Quotient Control



Satu Quote lagi dari saya :


"Suatu masalah yang sederhana menciptakan pemikiran yang mendalam"

»»  READMORE...

Rabu, 09 April 2014

Stay Calm and Stay Smile :)


It has been long time, i haven't update this blog :D
Well perhaps everything is changed, but my mind, my soul dan my intituition still same

"I love to be people that loved by everyone, and i think i've done it. But i don't do it perfectly. Not all of people, all of my friend have same feel. Every human have their own speciality have their own diversity, so we have to honor it :) "

At least I'm not a brainiac people, i don't understand why God permittes me to study in a college that full of genius people. I used to ask to God, but he doesn't answer it . Or he has answered it and i never realize about that  ?  But, what happen till now, convince me that i appropriate to study there. I have some excess, that they don't have. One of them is Serenity.




"More intelligence make you become superior thinker
more strenght make you a perfect worker
But, less serenity make they're useless"




Serenity atau dalam bahasa Indonesia artinya adalah ketenangan, adalah sebuah kunci kesuksesan seseorang dalam menyelesaikan setiap permasalahan. Quotes yang saya buat diatas mengatakan segalanya, benar 'kan ? untuk apa memiliki IQ diatas 100, untuk apa menjadi orang yang perfeksionis jika Anda sendiri tidak memiliki ketenangan untuk mengontrolnya. Imagine if you have a sword but you don't know which one is your enemy and which one is your comrade. Kurang lebih pengandaiannya seperti itu. Untuk apa Anda punya pedang yang tajam dan skill mengayun pedang yang mumpuni, tapi Anda tidak memiliki ketenangan untuk mengidentifikasi yang mana musuh yang mana teman.


Ketenangan adalah suatu kunci untuk membuka gerbang menuju sebuah keberhasilan, tidak ada orang yang berhasil tanpa sebuah ketenangan. Bill Gates, Mark Zuckerberg, Hippocrates, Aristoteles, Joseph Lagrange, Abraham Lincoln adalah orang-orang memiliki tingkat ketenangan yang luar biasa. Cara bicara mereka lebih halus dan tenang sehingga itu mempengaruhi pola pikir mereka. Pernah menonton pidato Abraham Lincoln ? Berbeda dengan pemimpin USA yang lain, pola pikir beliau sangatlah tenang, bandingkan dengan Presiden Franklin D. Roosevelt yang menyukai perang tanpa pikir panjang. FYI : Bom atom Nagasaki dan Hiroshima adalah bukti ketidaktenangan Presiden Roosevelt, apa yang dilakukan pihak USA saat itu sangatlah timpang dengan apa yang dilakukan Jepang kepada Pangkalan USA di Pearl Harbour.


"Ketika Anda menemukan sesuatu yang menjengkelkan
 hentikan pekerjaan Anda untuk sementara waktu
Karena jika Anda lanjutkan maka semua orang akan salah
di mata Anda"




Banyak orang pintar yang mengabaikan ketenangan mereka. Mereka berpikir bahwa Everything is gonna be OK during their Intelligence work as well. Not really, your intelligence work behind your emotion guys. Orang pintar ketika pekerjaan mereka tidak sesuai dengan harapan mereka, maka mereka akan down dan rasa syukur mereka mulai hilang. Mereka jadi mudah panik dan pikiran mereka akan terganggu sehingga pekerjaan selanjutnya tidak akan berjalan maksimal. Tentu saja orang tersebut tidak mau menyalahkan dirinya sendiri dan memilih untuk menyalahkan orang lain. Gini ya bro, i just wanna advise you all, if you blame someone when your work isn't good, you'll lost them, you'll lost your friend, comrade, chance, you'll lost their trust and you'll find yourself lie down alone without anyone care about you. You don't need them ? really ? Trust me, you're nothing without them. 


Teman-temanku yang baik, ketenangan adalah segala-galanya. Semua ide, inspirasi, kesempatan dan kepercayaan datang dari ketenangan. Berusahalah untuk menjadi orang yang tenang, hentikan ego Anda. Ketika sesuatu tidak berjalan sesuai harapan Anda, jangan langsung meledakkan emosi, ingat emosi berarti Anda akan kehilangan 1 kesempatan. Tenanglah, semua kesulitan pasti ada jalan, semua masalah, semua harassment pasti ada celah untuk menyelesaikannya. Orang sukses bukanlah orang yang mampu berjalan diatas kepintaran mereka, tapi orang sukses adalah orang yang mampu berjalan di celah kesempatan yang ada, sesempit apapun celah itu.

Keep your smile in every situation, it will help you to solve your problem



"Keberhasilan berawal dari Kesempatan 
Celah Kesempatan berawal dari Kejelian
dan Kejelian adalah buah dari Ketenangan"

»»  READMORE...

Senin, 03 Februari 2014

Sea wave power plant: Alternatif Terbaik Hadapi Krisis Listrik





sumber : listrikindonesia.com
 

Ini negeri aneh. Indonesia dulunya adalah negara maritim. Tapi sekarang kita sudah tidak berjaya lagi sebagai negara maritim.Maritim kita tidak maju karena tidak punya kemandirian untuk berinovasi
Itulah  beberapa kata yang dikutip dari pidato seorang Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh. Pernyataan itu sangat cocok untuk menggambarkan kondisi Indonesia saat ini. Negara yang memiliki beribu-ribu pulau dan lautan yang sangat luas dengan kekayaan alam yang melimpah ini, seharusnya sekarang sudah menjadi negara maju yang mampu menghidupi dan mensejahterakan sekitar 250 juta jiwa warga negaranya. Indonesia jika dilihat di peta, memiliki luas lautan yang bahkan jauh lebih luas daripada daratannya. Dikutip dari Buku Geografi karya P.Ginting hal.17, Indonesia adalah negara yang memiliki luas daratan seluas 1.922.570 km2 yang menunjang sebanyak 13.667 pulau dengan luas perairan lautnya mencapai 3.257.483 km2 (belum termasuk perairan ZEE). Panjang garis pantainya mencapai 81.497 km2.
 Ini merupakan garis pantai terpanjang di dunia. Jika ditambah dengan ZEE, maka luas perairan Indonesia sekitar 7,9 juta km2 atau 81% dari luas keseluruhan. Dengan letak geografis Indonesia yang sangat strategis ini seharusnya Indonesia mampu menjadi negara maritime dengan pengelolaan lautan yang baik, mampu menjadi negara yang memanfaatkan energi lautan dan menciptakan inovasi baru dalam hal pengelolaan lautan atau bahkan bisa menjadi pioneer bangkitnya negara-negara maritime lainnya, menjadi penguasa Samudera Hindia atau bahkan bisa kembali menjadi Macan Asia. Banyak hal yang bisa dimanfaatkan Indonesia dengan luas lautan yang mencapai 3 kali lipat luas daratannya itu.
Akan tetapi, Indonesia sekarang sedang menghadapi sebuah masalah yang menjadi batu besar penghalang jalan untuk terwujudnya mimpi itu (rêver retardé). Krisis energi dan listrik, krisis itulah yang sekarang sedang membuat Presiden Indonesia saat ini pusing tujuh keliling memikirkan bagaimana cara mengatasinya, saking pusingnya sampai-sampai beliau tidak sempat lagi membalas  tweet-tweet dari fansnya di sosial media. Indonesia memiliki banyak sekali penduduk sehingga wilayahnya habis akan ‘pondok indah’ penduduknya. Karena banyaknya pemukiman, maka konsumsi listrik akan semakin besar seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya terjadi urbanisasi.
Indonesia belakangan diketahui banyak mengandalkan Pembangkit Listrik Tenaga Air untuk menciptakan energi listrik dengan skala besar untuk memenuhi kebutuhan penduduknya,  tapi melihat kondisi Indonesia sekarang ini, yang sedang juga mengalami krisis air bersih dan kesulitan mendapat air tanah, sepertinya PLTA tidak bisa sepenuhnya menjadi harapan. Selain PLTA, Indonesia juga sekarang mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan yang paling terbaru dan masih menjadi wacana pemerintah Indonesia adalah Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut. Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut yang disingkat PLTGL ini adalah sebuah alat yang diciptakan oleh ocean engineer dunia yang mana digunakan untuk menghasilkan energi listrik dalam skala yang besar dengan hanya mengandalkan gelombang laut.Sekarang Indonesia sedang mengembangkan PLTGL di Pantai Selatan Yogyakarta tapi masih dalam skala yang kecil.
PLTGL ini adalah sebuah pembangkit energi alternatif  yang akan diaplikasikan oleh para ocean engineer  untuk mengatasi krisis yang sekarang sedang melanda negeri tercinta ini, entah kapan akan terealisasi dalam skala besar.PLTGL menjadi solusi yang tepat mengingat Indonesia memiliki lautan yang sangat luas dan Samudera Hindia yang terkenal memiliki ombak yang sangat ganas sehingga energi yang dihasilkan oleh ombak tersebut diprediksikan akan mampu menghasilkan lebih banyak listrik ketimbang PLTGL yang sekarang diterapkan oleh negara-negara Eropa dan Jepang. 

                                           Sumber : klippingpengetahuan.blogspot.com
 
Ini merupakan sebuah inovasi yang sangat bagus hasil pemikiran cerdas para insinyur kelautan karena PLTGL ini tidak hanya mampu menghasilkan listrik dalam skala besar, tetapi juga menjadi alat yang ramah lingkungan karena menggunakan parameter ombak yang pasti tersedia di Indonesia. Selain itu ombak juga melepaskan energi yang tidak mengenal siang dan malam tanpa memerlukan bantuan bahan bakar fosil yang sekarang sudah semakin ketersediaannya sudah semakin menipis. Sebenarnya inovasi ini sudah banyak diterapkan oleh negara-negara maju di dunia, tapi entah kenapa Indonesia yang jelas-jelas memiliki lautan yang lebih luas dan bahkan paling luas di dunia sampai saat ini masih belum menerapkan sistem ini.
Pembangkit listrik tenaga gelombang ini sebelumnya telah dikembangkan di Jerman. Per­usaha­an Energie Baden-Wuttemberg Ag (EnBW) bekerja sama dengan Vorth Siemen Hydro Power Generation GmbH & Co. Bermula dari EnBW melihat potensi untuk pembangkit gelombang di pantai Laut Utara. Akhirnya pemerintah Jerman merancang pilot project pembangkit listrik tenaga gelombang. Perusahaan lain yang sekarang ini ikut mengelola PLTGL, Energetech mengaku pembangkit yang masih jarang dikembangkan memiliki banyak keuntungan.Menurut John Bell, Direktur Keuangan Energetech mengatakan energi gelombang laut merupakan energi yang tidak pernah habis jika dibandingkan sumber energi lainnya. Hanya saja listrik yang dihasilkan PLTGL ini masih kurang besar, karena tempat penelitiannya memiliki kualitas gelombang yang rendah, tidak seperti di Indonesia.
Dikutip dari listrikindonesia.com, pada dasarnya prinsip kerja teknologi yang mengkonversi energi gelombang laut menjadi energi listrik adalah mengakumulasi energi gelombang laut untuk memutar turbin dari generator gelombang yang dipasang di sadar laut. Karena itu, sangat penting memilih lokasi yang secara topografi memungkinkan akumulasi energi. Walaupun penelitian untuk mendapatkan teknologi yang optimal dan efisien dalam mengonversi energi gelombang laut sampai saat ini masih terus dilakukan. Kemudian, Air laut yang berada dalam bak penam­pung dikembalikan ke laut melalui saluran yang terhubung dengan turbin generator penghasil energi listrik. Adanya bak penampung memungkinkan aliran air penggerak turbin dapat beroperasi terus menerus dengan kondisi gelombang laut yang berubah-ubah. Teknologi ini tetap memerlukan bantuan mekanisme pasang surut dan pilihan topografi garis pantai yang tepat.
Nah, sesuai dengan penelitian tersebut, dapat ditarik benang merahnya bahwa PLTGL sesungguhnya adalah alat atau sistem pembangkit listrik yang mampu menciptakan energi dalam skala besar jika diimbangi dengan energi ombak yang besar pula. Energi yang diciptakan berbanding lurus dengan energi yang dibutuhkan. Memang, penelitian dari researcher luar negeri tentang PLTGL mengatakan bahwa energi listrik yang dihasilkan masih sedikit, kenapa ? itu karena perbedaan energi yang dihasilkan oleh ombak itu sendiri. Negara-negara Eropa bukanlah Indonesia, negara-negara Eropa tidak memiliki ombak sedahsyat ombak Samudera Hindia. Seharusnya sekarang ini sistem pembangkit listrik tenaga gelombang laut sudah diterapkan dalam skala besar di Indonesia, karena sangat sesuai dengan letak geografis Indonesia yang dikelilingi lautan.
Di luar negeri pembangkit listrik ini bisa menghasilkan listrik sebesar 40 Mwh. Bayangkan jika Indonesia menerapkan sistem ini, berapa Mw yang dihasilkan oleh gelombang laut yang ganas, berapa banyak kota yang terbantu oleh pembangkit listrik ini, berapa persen kemungkinan krisis energi dan listrik teratasi, dan berapa persen pula kemungkinan tidak terjadinya pemadaman listrik oleh PLN yang jelas-jelas sangat mengganggu aktivitas penduduknya.Oleh karena itu, Indonesia akan menjadi lebih baik dengan PLTGL ini. Krisis listrik akan tertangani, segala pekerjaan infrastruktur akan selesai tepat waktu tanpa khawatir listrik padam, dan produktivitas penduduk menjadi semakin meningkat.Walaupun Indonesia memiliki jumlah ocearn engineer yang terbatas, tetapi tidak menutup kemungkinan Indonesia mampu menerapkan sistem ini dan kembali menjadi ‘raja lautan’ Asia Tenggara.
Mau tahu alasannya ? Insinyur kelautan Indonesia memiliki skill yang pantas diacungi jempol. Dunia pun sudah mengakui kehebatan insinyur kelautan Indonesia dalam menangani semua masalah yang berhubungan dengan laut, bahkan bisa dibilang insinyur kelautan Indonesia memiliki kemampuan ilmu kelas dunia. Terbukti dengan salah satu Institut Teknologi di Indonesia yang mana jurusan teknik kelautannya telah mendapat sertifikasi dari Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET). Itu membuktikan bahwa Indonesia siap untuk kembali menjadi negara maritim, Indonesia siap untuk menjadi penguasa Samudera Hindia, Indonesia siap untuk menjadi pioneer Asia Tenggara dalam menerapkan sistem pembangkit listrik tenaga gelombang, dan Indonesia siap untuk kembali menjadi macan Asia. Tidak ada yang perlu diragukan lagi untuk melangkah maju, jika ada keraguan jadilah orang pertama yang menepis keraguan tersebut.
Coming together is a beginning; keeping together is progress; working together is success
-Henry Ford
Viva Océano Ingeniero de Indonesia !

Author :  - Gede Adi Wiguna Sudiartha (16613100)
Blogging Competition Frontier 2014
#KMKL #Frontier2014 #BloggingCompetitionFrontier2014

               
»»  READMORE...

Senin, 09 Desember 2013

JALAN TOL BALI MANDARA : Aman Karena Breakwater, Berdiri Karena Ilmu Kelautan




Sebagai gerbang pariwisata Indonesia, akses jalan yang memadai adalah hal yang mutlak harus dimiliki oleh Bali. Maka dibangun-lah Tol Bali Mandara yang membentang sejauh 12,7 km diatas laut dengan breakwater yang dipasang dibawahnya.”


Pulau Bali, adalah salah satu bagian dari ribuan pulau yang dimiliki Indonesia. Dari sekian banyaknya pulau di Indonesia hanya Pulau Bali yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara maupun domestik. Pulau Bali termasuk dalam Kepulauan Sunda Kecil yang hanya memiliki luas 5.636.66 km2   dengan panjang 153 km dan selebar 112 km. Bali memiliki banyak keistimewaan dibanding pulau-pulau lain yang ada di Indonesia, salah satunya adalah pesona keindahan alamnya seperti pantai dan laut. Selain itu juga letak geografis Bali yang jauh dari kemungkinan terjadinya gempa membuat pulau ini menjadi semakin menawan dan diminati oleh banyak wisatawan. Dari tahun ke tahun wisatawan yang berkunjung ke Bali kian meningkat dan semakin memadati jalanan kota, terutama saat liburan. 


Rata-rata jalan yang paling sering dipadati adalah akses transportasi Bali bagian selatan yang sering dilalui untuk menuju kawasan pantai dan kawasan perbukitan dimana di bukit tersebut berdiri sebuah perguruan tinggi negeri yang paling terkenal di Bali. Nah, sudah bisa ditebak  kan ? siapa-siapa saja yang melewati jalan tersebut. Mahasiswa dengan wisatawan beradu, berebut jalur satu sama lain agar cepat sampai di tujuan. Oleh karena itu, Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, berinisiatif untuk membuat jalan tol bebas hambatan yang berdiri diatas Laut Benoa.Selain untuk mempermudah akses jalan menuju kawasan wisata, tol ini juga dibuat untuk mempermudah akses menuju lokasi KTT APEC 2013 yang diadakan di Nusa Dua. Tol ini diresmikan oleh Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 23 September 2013.
sumber : finance.detik.com

Tol yang diberi nama Tol Bali Mandara ini sebelum dibangun menuai banyak kecaman dari beberapa pihak, terutama pihak AMDAL yang memang dari awal keberatan soal pembangunan jalan tol yang berdiri diatas laut ini. Banyak hal yang diperhitungkan mulai dari pemangkasan 2,3 Hektar kawasan hutan mangrove yang nantinya dikhawatirkan bisa memperbesar kemungkinan terjadinya abrasi, kerusakan terumbu karang, dan kemungkinan cacat dalam pembuatannya karena gelombang pasang surut yang begitu kuat disana. Tapi, proyek ini tetap dijalankan karena dana APBN yang akan digunakan sudah cair, dan selain itu juga tol ini adalah satu-satunya harapan pemerintah pusat untuk mengurai kemacetan dan meingkatkan aksesbilitas penduduknya terutama yang akan pergi ke Bandara. Dan sudah terbukti bahwa proyek ini tidak terjadi cacat apapun dalam pembuatannya, masalah pasang surut ombak, pemerintah pusat menyiapkan tim ocean engineer yang membuat pemecah ombak atau yang biasa disebut breakwater. 


Pemecah ombak ditempatkan persis dibawah infrastruktur jalan tol yang membentang sepanjang 12,7 km ini dan berada diantara celah-celah pilar yang menyangga badan jalan. Biasanya posisi breakwater dibangun didepan material yang akan dilindungi, tapi dalam tol ini tidak. Dalam proses Ground Breaking,    Breakwater memang diposisikan berada dibawah badan jalan tol, hal ini kemungkinan bertujuan untuk mengurangi tekanan yang dihasilkan oleh gelombang yang nantinya bisa merusak material yang akan dipasang seperti pilar-pilar penyangga. Sebenarnya, breakwater juga dibangun untuk mencegah terjadinya abrasi karena  lahan yang dipakai dulunya adalah hutan mangrove. Banyak pohon mangrove yang dimusnahkan sehingga perlu pemecah ombak lain yang bisa membantu mengurangi tekanan dari gelombang yang datang, terutama pada gelombang pasang surut. Oleh karena itu dibangunlah breakwater yang berada diantara pilar-pilar tol untuk meredam gelombang tersebut, bahkan ada pula breakwater digunakan untuk menjadi penyangga bagian bawah pilar.

sumber : bisnis.liputan6.com

Dalam pengerjaan Tol Bali Mandara ini, insinyur-insinyur yang bekerja mayoritas adalah insinyur asli Indonesia, asli pabrikan Indonesia. Terutama pada insinyur kelautannya, insinyur yang memegang peranan paling penting dalam pembangunan proyek ini. Bagaimana tidak ? insinyur kelautan-lah yang pekerjaannya paling berat karena tol ini berdiri diatas Laut Benoa yang memiliki arus pasang-surut yang kuat juga gelombang yang tidak bisa diprediksi. Sedikit kesalahan saja berakibat tol ini ambruk dalam pengerjaan. Selain gelombang dan arus laut, banyak faktor yang membuat pekerjaan seorang insinyur kelautan menjadi berat. Salah satunya adalah faktor angin yang bisa mencapai 40 knot, yang tentunya bisa membahayakan para pekerja dan kontraktor. Banyak orang yang berkata keberhasilan tol ini adalah berkat para insinyur sipil dan lingkungan, padahal yang paling berpengaruh adalah insinyur kelautan. Ya, memang begitulah faktanya, insinyur kelautan selalu bermain di balik layar.


Di Bali, sudah banyak pantai yang dipasangi oleh breakwater , mulai dari pantai bagian utara yang memiliki ombak yang tidak terlalu ganas tapi mampu mengikis daratan hingga pemukiman warga, sampai ke bagian selatan yang terkenal memiliki ombak yang energik dan ganas.Tidak ada pemasangan breakwater yang gagal di Bali, bahkan sekarang breakwater sudah mulai dikenal sebagai solusi terbaik untuk mengatasi abrasi. Pelabuhan Inilah salah satu alasan mengapa ocean engineer di Indonesia diakui sebagai insinyur terbaik yang memberikan peran yang sangat besar bagi perkembangan infrastruktur. Dari proyek pembangunan tol yang tadi dijelaskan, juga sudah terlihat betapa pentingnya seorang insinyur kelautan. Jika saja tidak ada breakwater dan ilmu pasang surut air laut dari teknik kelautan maka tol itu tidak akan berdiri, atau mungkin jalan di Bali akan semakin padat, aksesibilitas menurun sehingga warga kesulitan dalam menjangkau tempat-tempat tertentu. Pada akhirnya tol ini mampu diselesaikan dalam kurun waktu 14 bulan dan yang paling membanggakan adalah semua engineernya adalah asli produk Indonesia.


Bukan hanya breakwater, banyak ilmu-ilmu teknik kelautan yang sekarang sedang bercokol dan beroperasi di Bali. Salah satunya adalah proses Reverse Osmosis yaitu proses memurnikan air laut menjadi air mineral dengan menggunakan membrane semipermeable dan proses pengisolasian air laut untuk menghasilkan garam yang jumlahnya lebih banyak, pengisolasian ini adalah salah satu program dari teknik kelautan itu sendiri yang diberi nama Socio-Ocean Engineering. Bukan hanya itu saja, Socio-Ocean Engineering juga membantu mengefesiensikan biaya sumber air tambak udang air payau dengan memanfaatkan teori dan timing pasang surut. Nah, untuk program yang satu ini, mungkin sudah tidak asing lagi karena sudah banyak pengusaha tambak yang menggunakan sistem ini. Itu hanya beberapa contoh dari penerapan ilmu teknik kelautan, masih banyak lagi partisipasi dan peranan penting insinyur kelautan dalam menyukseskan program pembangunan Indonesia menjadi negara maju yang bercita-rasa internasional. Just look their work, you’ll know how important they’re.



Scientists may know everything but Engineers change the world”
Viva Océano Ingeniero de Indonesia !








Author :  - Gede Adi Wiguna Sudiartha (16613100)

Blogging Competition Frontier 2014

#KMKL #Frontier2014 #BloggingCompetitionFrontier2014








»»  READMORE...

Music

Body Mass Index Calculator